Me and Ondel Ondel

Bulan Oktober 2008 kami mengadakan shooting untuk album Lagu Daerah Anak-anak Nusantara produksi Gema Nada Pertiwi di TMII. Seperti biasanya kalau shooting artis cilik, yang paling susah adalah membangun mood mereka agar bagus untuk shooting. Kali ini lumayan seru, ada yang sempat nangis & ngambek ke mamanya karena mamanya terus teriak “ayo senyum, ayo senyum” sementara dia merasa sudah senyum. Ada anak yg kaku, jaim, dan tidak ekspresif yang membuat kami “berusaha keras” agar dia bisa santai & natural. Tapi ada juga 2 anak yg sudah “semi pro” jadi tidak usah terlalu banyak pengarahan.

Album Lagu Daerah Anak-Anak Nusantara

Ide pembuatan album ini adalah agar anak-anak Indonesia mengenal lagu-lagu dari berbagai daerah di Indonesia. Kami sangat prihatin melihat banyak anak-anak usia TK dan SD yang lancar menyanyikan lagu pop bertema cinta (yang sebenarnya bukan untuk konsumsi mereka) tetapi tidak bisa menyanyikan lagu daerah Indonesia atau lagu kanak-kanak lainnya. Semoga usaha kami ini berhasil dan mendapat dukungan dari para orang tua & pendidik.

Yang sebenarnya ingin saya ceritakan disini adalah pengalaman saya dengan ondel ondel. Sekian tahun ikut shooting (mulai dari jadi pemerhati, juru kamera, sutradara, dan produser pelaksana), saya selalu di belakang layar. Untuk shooting kali ini posisi resmi saya adalah koordinator lapangan, jadi tetap di belakang layar. Namun saat akan mulai shooting lagu Ondel Ondel, ternyata seorang staf berinisiatif meminjam sepasang ondel ondel dari Istana Anak Anak (terima kasih ya atas pinjamannya) dan belum ada orang yang ditugaskan untuk jadi ondel-ondel. Saya langsung menanyakan apakah ada crew shooting yang bersedia jadi ondel-ondel, tapi hanya ada 1 orang yang bersedia. Karena dikerjar waktu, “terpaksa” saya mengajukan diri untuk jadi ondel-ondel.

Ternyata memakai ondel-ondel itu berat dan panas loh. Setelah mencoba saya baru merasa sangat kagum pada ondel-ondel profesional yang bisa melakukan atraksi berputar dengan kecepatan tinggi. Karena memang amatir akhirnya kami hanya melakukan gerakan standar seperti berjalan dan bergoyang mengikuti musik. Saya adalah ondel-ondel yang berwarna biru di foto.

Ondel Ondel

Semoga anak-anak Indonesia boleh kembali ke lagu anak-anak dan mengenal lagu rakyat Indonesia. Sebenarnya bisa kok, asal kita sebagai orang tua membiasakan mereka. Sekarang anak saya yang berusia dua setengah tahun (ada juga loh di foto shooting ondel-ondel) sudah akrab dan bisa ikut menyanyi lagu Ondel Ondel, Tokecang, Bendera Merah Putih, Bintang Kecil, Balonku, dll karena lagu-lagu tersebut hampir setiap hari saya putar di mobil.

Leave a Reply

