Belanda Part 2 (transportasi & informasi)

Transportasi dan Informasi Transportasi & informasi di Belanda sangat mudah dan jelas. Saya yang baru pertama kali ke Belanda dan tidak bisa bahasa Belanda dapat berkeliaran ke berbagai kota dan tempat dengan nyaman tanpa tersesat.

Amsterdam Tourist Office

Lokasinya ada di seberang stasiun Amsterdam Central. Disana kita dapat mengambil brosur tempat wisata, membeli peta Amsterdam di mesin otomat (2 euro) , serta meminta informasi atau membeli tiket tempat wisata dan transport di counter layanan dengan mengambil nomor antrian terlebih dahulu. Para petugasnya sangat ramah dan informatif. Bahasa Inggris mereka sangat lancar dan jelas. Saya sempat membeli tiket masuk dan transport ke Keukenhof serta tiket ke Zaansechans di tempat ini. Harganya sama dengan jika kita beli satu per satu di stasiun dan loket atraksi, namun disini dipermudah karena cukup beli di satu lokasi dan dibantu memilih cara transportasi yang terbaik.

Kereta

Kereta ada dua kelas, kelas 1 dan kelas 2. Beda kenyamanan sih hanya sedikit, tetapi kelas 1 lebih sepi sehingga pada jam sibuk pun kita hampir pasti dapat duduk. Kalau di kelas 2 saya beberapa kali terpaksa berdiri pada saat jam sibuk. Informasi jadwal keberangkatan dan stasiun yang dilewati dapat dilihat jelas di papan petunjuk di dalam stasiun maupun di platform kereta tersebut. Selama perjalanan nama stasiun berikut dan perkiraan waktu tempuh juga ada di display di dalam kereta. Sesekali ada kondektur yang berkeliling untuk memeriksa karcis. Jika karcis tidak sesuai atau tidak punya karcis maka akan langsung didenda di tempat. Untuk karcis single trip atau return harus distempel di mesin saat kita akan naik kereta. Stempel ini pun akan mereka periksa untuk mencegah pemakaian tiket berulang kali. Karcis kereta dapat dibeli dengan mesin otomat atau di counter di stasiun (dengan biaya extra per tiket).

Kereta

Kereta di Belanda

Jika kita pergi berdua dan jarak yang ditempuh jauh atau akan sering naik kereta dalam satu hari, kita dapat membeli karcis terusan satu hari yang berlaku untuk 2 orang, tapi hanya ada untuk hari Senin sampai Jumat saja. Lumayan menghemat saat saya harus meeting di kota yang berbeda dan lokasinya dari ujung ke ujung.

Sepeda lipat juga bisa dibawa naik kereta loh. Ada tempat khusus di gerbong untuk orang yang membawa sepeda. Di stasiun kereta juga terdapat minimarket seperti Albert Heijn, Hema, dan counter makanan lain tempat kita dapat membeli pastry, sandwich, dan minuman dengan harga berkisar 1 – 5 euro per buah.

Tram

Untuk transportasi dalam kota atau antar kota yang dekat bisa menggunakan tram. Tiketnya adalah strippenkart yaitu sebuah kartu panjang yang terdiri dari sejumlah strip. Cara penggunaannya adalah dengan memasukan kartu tersebut ke mesin stempel di dalam tram. Jumlah strip yang distempel harus sesuai dengan zona yang kita tempuh. Tram ini akan berhenti di tiap halte yang ada sepanjang jalur. Kadangkala juga akan ada petugas yang memeriksa strippenkart kita apakah telah distempel sesuai ketentuan yang berlaku.

Tram

Tram di tengah kota Amsterdam

Strippen Kaart untuk naik tram dan bus

Bus

Selama di Belanda saya hanya satu kali naik bus yaitu dari bandara ke keukenhof dan sebaliknya. Tiket saya beli di Amsterdam Tourist Center. Di suatu lokasi bisa terdapat beberapa halte bus, karena itu kita harus cermat mencari bus yang akan kita naiki berhenti di halte yang mana. Bus tidak akan mau menaikan atau menurunkan penumpang di halte lain.

Dalam serial ini :

Belanda Part 1 (Persiapan) https://djax.wordpress.com/2009/11/06/perjalanan-ke-belanda-part-1-persiapan/

Belanda Part 3 (Jalan-jalan) https://djax.wordpress.com/2009/11/28/belanda-part-3-jalan-jalan/

Belanda Part 4 (Makanan) https://djax.wordpress.com/2009/12/07/belanda-part-4-makanan/

Belanda Part 5 (Shopping oleh-oleh) https://djax.wordpress.com/2009/12/11/belanda-part-5-shopping-oleh-oleh/

One Response to Belanda Part 2 (transportasi & informasi)

  1. masdar says:

    Terimakasih banyak atas infonya.
    Sangat membantu sekali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: