Belanda Part 5 (Shopping oleh-oleh)

Bagaimanapun padatnya jadwal harus tetap belanja oleh-oleh dong. Beberapa hari pertama karena meeting sampai sore jadi tidak sempat belanja karena pertokoan di Belanda rata-rata sudah tutup jam 5-6 sore. Sebenarnya di tempat wisata seperti keukenhof &  zaans schaan ada toko-toko souvenir, tapi harganya jauh lebih mahal daripada di luaran. Di Volendam ada banyak toko souvenir, harganya ya masih standar lah. Sempat beli beberapa item seperti boneka pakai baju tradisional belanda. Di Volendam juga banyak dijual sepatu kayu belanda, baju tradisional volendam, dll.

Dalam perjalanan dari Volendam kembali ke Amsterdam sempat mampir di satu rumah tempat pembuatan keju. Disana ada berbagai jenis keju (beberapa bisa dicicip), wine (bisa cicip juga), dan sepatu kayu belanda. Saya beli smoked ham cheese & sebotol homemade wine. Mereka juga menjual sedikit souvenir seperti t-shirt, gantungan kunci, dll. Harganya sebenarnya masih lebih mahal dibanding di toko-toko biasa atau di pasar, tapi saya melihat sebuah t-shirt unik. Bahan & gambar sebenarnya biasa saja, tapi tulisannya itu loh yang membuat saya membelinya untuk Carmello

T-shirt spesial untuk Carmello

Di Haarlem (tidak jauh dari Amsterdam) ada Ikea yg buka sampai malam, jadi selesai meeting masih bisa mampir kesana. Barangnya bagus2 & harga juga masuk akal, tapi karena keterbatasan space di koper cuma beli beberapa item pesanan istri & mainan untuk Carmello.

Ikea di Haarlem

Waktu main ke Amsterdam Arena sempat cukup lama beredar di Ajax Fans Shop, hasilnya beli satu kostum asli Ajax dan beberapa gantungan kunci. Dua-duanya pas lagi sale. Di toko ini cukup banyak juga barang yang disale, tinggal pilih-pilih aja deh.

Di Hoofdorp sempat diajak oleh teman ayah saya ke pasar yang letaknya di pinggir sebuah mal.  Katanya pasar ini disebut Pasar Sabtu karena cuma buka di tempat ini setiap hari Sabtu saja. Hari lain mereka keliling untuk buka di kota-kota lain. Barang-barang yang dijual beraneka ragam, mulai dari bahan makanan, buah, pernak-pernik, sepatu, baju, dll. Apakah dari sini juga asalnya di Indonesia bisa ada daerah Pasar Minggu, Pasar Senin, Pasar Rabu, dan Pasar Jumat?

Pasar Sabtu di Hoofdorp

Setelah semua urusan pekerjaan selesai, ternyata saya masih punya satu hari penuh di Belanda. Jadi saya manfaatkan untuk belanja oleh-oleh & lihat2 kota Amsterdam. Dari Amsterdam Central saya naik tram ke Albert Cuyp Street Market. Di sepanjang jalan ini ada banyak toko kaki lima & juga toko permanen. Barang2 yang murah kebanyakan ada di kios kaki lima, mulai dari kaos, tempelan kulkas, tas. Ada juga macam2 makanan seperti kacang2an yang dijual per ons (almond, pistachios, dll), poffertjes (enak loh), ikan2an khas volendam, dll. Oleh-oleh disini harganya jauh lebih miring daripada toko-toko di tempat wisata. Di daerah ini juga ada cukup banyak cafe dan restoran dengan harga yang bersahabat untuk istirahat dan makan siang sejenak sebelum berkeliling lagi. Pasar ini hanya buka hari Senin sampai Sabtu jam 10 pagi sampai 5 sore saja.

Albert Cuyp Street Market

Siangnya saya sempat masuk beberapa department store di daerah kalverstraat.  Tiap department store punya gedung sendiri tapi ukurannya relatif kecil.

Kalverstraat itu sendiri adalah jalan pedestrian yg berisikan toko-toko yang sebagian menjual barang fashion branded. Harga ya tentu saja branded ya, tapi lumayan untuk window shopping. Ada juga toko-toko souvenir khas belanda, toko coklat, toko CD, tempat makan, dll.
Disini saya masuk ke satu toko mainan cukup besar, 3 lantai. Sempat tergoda untuk beli thomas set, tapi bahannya dari kayu & tidak compatible dengan set yg dijual di Indonesia. Jadinya beli lego set 200pcs dengan harga 30an euro (lumayan, lagi discount).

Kalverstraat

Sorenya saya jalan-jalan ke sekitar Dam Square. Ternyata disini ada sebuah toko 5 euro, jual kaos & pernak-pernik khas belanda lainnya. Toko ini minimum service. Yang jaga toko cuma duduk di belakang kasir, mau barang apa & size apa ya cari sendiri deh di rak. Sebel juga pas sudah sore dan sudah belanja oleh-oleh disana-sini baru nemu toko oleh-oleh murah. Harga memang tidak bohong sih, bahan kaosnya lebih jelek dari yang di albert cuyp, tapi untuk oleh-oleh masal kan yang penting murah meriah🙂

Shopping terakhir dilakukan si bandara Schipol. Cari-cari yg sale, lumayan dapat beberapa coklat beli 2 gratis 1 untuk oleh-oleh. Di toko gadget juga dapat sarung kamera digital warna merah untuk istri yang lagi special price.
Saya sempat waswas juga karena walau sudah pasang mata cari Toby (kereta temannya Thomas) untuk my dear Carmello selama di Belanda (special request pas mau pergi) sampai mau pulang masih belum ketemu. Untung waktu last minute shopping akhirnya ketemu juga si Toby di toko mainan di Schipol. Harganya 11 euro, bahannya dari kayu, tapi ukurannya compatible dengan rel yang dijual di Indonesia.

Oh ya, jika ingin belanja di belanda, selain jam buka pertokoan yang cukup singkat, sekitar jam 10 pagi sampai 6 sore, ada satu hal lagi yang harus diperhatikan. Sewaktu hari libur seperti di hari Kamis (kenaikan Isa Almasih) waktu saya disana, toko-toko banyak yang tutup sama sekali atau baru buka diatas jam 12 siang, termasuk restoran. Hari itu saya sempat kelaparan juga menunggu restoran buka.

Dalam serial ini :

Belanda Part 1 (Persiapan) https://djax.wordpress.com/2009/11/06/perjalanan-ke-belanda-part-1-persiapan/

Belanda Part 2 (Transportasi & informasi) https://djax.wordpress.com/2009/11/11/belanda-part-2-transportasi-informasi/

Belanda Part 3 (Jalan-jalan) https://djax.wordpress.com/2009/11/28/belanda-part-3-jalan-jalan/

Belanda Part 4 (Makanan) https://djax.wordpress.com/2009/12/07/belanda-part-4-makanan/

3 Responses to Belanda Part 5 (Shopping oleh-oleh)

  1. TERIMAKASIH TAS INFORMASI DAN TULISANNYA, CUKUP BERMANFAAT BUAT BACAAN. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA DARI KABUPATEN PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: