Acara Mengenang Gesang & Mendukung Usulan Gesang menjadi pahlawan nasional

Tanggal 4 dan 5 September 2010 saya kembali mendapat tugas dari Penerbit Karya Musik Pertiwi (PMP) untuk pergi ke kota Solo.

Hari Sabtu siang agendanya adalah berkunjung ke Taman Budaya bersama Bapak Henry Soelistyo dan rombongan turis Jepang dari Perhimpunan Dana Gesang untuk  menyaksikan pertunjukan keroncong. Siang itu yang tampil di panggung adalah Orkes Keroncong Swastika dengan penyanyi antara lain Asti Dewi serta turut dimeriahkan oleh bintang tamu Frida Lusiana (staf Bapak Henry Soelistyo), serta Yasunori Sugahara (penyanyi dari Jepang yang turut dalam rombongan) yang ikut menyumbangkan suaranya dengan membawakan lagu Bengawan Solo dalam bahasa Jepang.

Acara di Taman Budaya Solo


Pada malam harinya seluruh rombongan diundang ke acara jamuan makan malam bersama Walikota Solo, Bapak Joko Widodo di Loji Gandrung. Bapak Joko Widodo dalam sambutannya sempat membagikan rencana pemugaran Taman Jurug yang di dalamnya termasuk juga Taman Gesang.

Kondisi Taman Gesang saat ini memang kurang terawat, walaupun sudah tampak lebih baik berkat sedikit renovasi yang dilakukan dengan dana dari Perhimpunan Dana Gesang beberapa bulan lalu. Rencana pemugaran yang disampaikan oleh Bapak Joko Widodo sangat bagus dan semoga dapat segera terlaksana sehingga baik.

Dalam acara ini juga Bapak Hendarmin Susilo memberikan buku “Serial Komponis Gesang” dan DVD “Karya Emas Gesang” kepada Bapak Joko Widodo.
Jamuan makan malam ini juga dimeriahkan oleh orkes keroncong, Vocalista Angels, serta pertunjukan sendratari. Yang menjadi kejutan malam itu adalah tampilnya Sugahara dengan membawakan lagu Indonesia Pusaka dalam bahasa Indonesia. Menurutnya dia sangat menyukai lagu ini dan baru mempelajarinya selama 2 hari. Selain Indonesia Pusaka, Sugahara juga membawakan lagu Bengawan Solo dan beberapa lagu berbahasa Jepang yang populer.

Jamuan Makan Malam di Loji Gandrung

Pada hari Minggu pagi keesokan harinya, di Taman Gesang diadakan acara untuk mengenang Gesang, sekaligus menyatakan dukungan atas usulan penganugerahan gelar pahlawan nasional untuk almarhum Gesang, yang disampaikan oleh Bapak Henry Soelistyo, Bapak Hendarmin Susilo, Bapak Heru Santoso Eto, dan Mr. Okabe (yang menyampaikan dukungannya berdasarkan sudut pandang mereka masing-masing.

Bapak Henry Soelistyo dari IIPS (Indonesian Intellectual Property Right Society) menyampaikan pandangannya bahwa Bapak Gesang adalah seorang icon untuk hak cipta di Indonesia, serta mengatakan bahwa komunitas pencinta dan pengagum Gesang mengharapkan perhatian Pemerintah Indonesia untuk mengukuhkan kehadiran Gesang sebagai pahlawan berkat jasa-jasanya mengangkat dan mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia
Bapak Hendarmin Susilo dari PMP (Penerbit Karya Musik Pertiwi) yang mengelola karya cipta Bapak Gesang menyampaikan bahwa royalty lagu Bengawan Solo diterima dari berbagai negara di Asia dan Eropa, yang menunjukkan bahwa lagu Bengawan Solo terkenal sampai ke mancanegara dan melalui lagu tersebut Bapak Gesang telah berjasa memperkenalkan dan mengharumkan kota Solo dan negara Indonesia.
Bapak Heru Santoso Eto (Perhimpunan Persahabatan Indonesia Jepang) dan Mr. Okabe (Japan Indonesia Association) menyampaikan bahwa Gesang dan lagu Bengawan Solo menjadi benang merah dan merupakan salah satu ikatan emosional untuk hubungan persahabatan Indonesia dan Jepang.

Acara di Taman Gesang

Selesai acara di Taman Gesang, rombongan dari Jepang meneruskan perjalanan ke Sangiran dan Candi Prambanan, sementara kami dari PMP berkunjung ke rumah alm Bapak Gesang. Disana kami bersilaturahmi dengan Bapak Toyib, adik tiri alm Bapak Gesang (yang ditunjuk oleh Bapak Gesang sebagai ahli warisnya). Setelah itu, dengan didampingi oleh Yani (kemenakan Bapak Gesang) kami melalukan ziarah ke makam Bapak Gesang di Praci.

Ziarah ke Makam Bapak Gesang dan silaturahmi dengan Bapak Toyib

One Response to Acara Mengenang Gesang & Mendukung Usulan Gesang menjadi pahlawan nasional

  1. sety says:

    Selamat untuk perjalanan ke Solo, bersyukur untuk kekuatan dan hati yang diberikan oleh Tuhan. Semoga terus mengalami penyertaan Tuhan ke depan….
    wass, sety

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: