Tembang Dolanan Anak

Indonesia adalah negara dengan sejarah yang panjang dan kaya akan seni budaya, termasuk di antaranya permainan anak-anak seperti dolanan yang merupakan permainan anak-anak dari akar budaya Jawa. Dolanan berasal dari kata dolan yang artinya bermain, suatu hal yang sangat tidak terpisahkan dari perkembangan fisik dan mental anak-anak.

Melalui dolanan, anak-anak sambil bermain sekaligus belajar bernyanyi, melakukan gerakan secara fisik, serta bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya. Ditambah lagi lirik lagu dolanan banyak yang mengandung pesan pendidikan moral dan nasehat yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari anak-anak.

Lepetan dan Jaranan

Lepetan dan Jaranan

Hal ini sangat kontras dengan apa yang kita lihat terjadi pada anak-anak masa kini, terutama di kota-kota besar. Anak-anak sekarang cenderung lebih banyak bermain game sendirian baik di depan televisi maupun berbagai gadget lainnya.

Gema Nada Pertiwi sebagai perusahaan rekaman yang memiliki visi dan misi untuk membantu melestarikan dan mengembangkan budaya Indonesia merasa terpanggil untuk mengangkat dolanan ke dalam album rekaman agar dapat tersosialisakan dengan lebih luas dan mudah. Ide untuk melakukan hal ini timbul dalam perbincangan saya dengan Ki Priyo Dwiarso dari Taman Siswa Yogyakarta, yang merupakan putra dari Ki Hadi Sukatno (Pak Katno), salah satu tokoh kesenian tradisional Jawa yang banyak menghasilkan karya lagu-lagu dolanan dalam naungan Taman Siswa di masa Ki Hajar Dewantara. Dalam perbincangan itu tercetus beberapa hal antara lain kurangnya materi audio visual dolanan dalam kualitas yang baik untuk bahan pelajaran dan lirik lagu yang tidak sesuai aslinya karena selama ini hanya diteruskan dan diajarkan dari mulut ke mulut.

Cublak Cublak Suweng & Ancak Ancak Alis

Cublak Cublak Suweng & Ancak Ancak Alis

Ide dari Gema Nada Pertiwi (GNP) untuk membuat album Tembang Dolanan Anak dengan iringan musik gending mendapat sambutan yang baik dari Majelis Ibu Pawiyatan Perguruan Taman Siswa, apalagi GNP selama ini memang konsisten melestarikan lagu dan seni budaya Indonesia melalui media rekaman kaset, CD, VCD, DVD dan digital.

Pada bulan Januari sampai April 2013 dengan arahan dari Majelis Ibu Pawiyatan Perguruan Taman Siswa dan Ki Priyo Dwiarso, dilaksanakan rekaman suara dan pengambilan gambar untuk video lagu-lagu dolanan seperti Jaranan, Ancak-Ancak Alis, Lepetan, Kembang Melati, dll dengan melibatkan anak murid yang tergabung dalam Taman Kesenian Ibu Pawiyatan Taman Siswa pimpinan Nyi Corijati Mudjijono.

Bang Bang Wis Rahino & Pitik Walik Jambul

Bang Bang Wis Rahino & Pitik Walik Jambul

Selama proses rekaman dan pengambilan gambar untuk video, para murid Taman Siswa tersebut sangat bersemangat dan tampak menikmati permainan-permainan yang mereka lakukan tersebut.

Blog dolanan 04 copy

Proses rekaman musik dan vokal

Istirahat di sela-sela shooting

Istirahat di sela-sela shooting

Kini DVD “Tembang Dolanan Anak” dalam iringan musik gending sudah bisa dibeli di toko-toko CD di seluruh Indonesia.

Dengan diluncurkannya album ini, diharapkan para orangtua, guru serta pemerhati pendidikan dapat mengenalkan kembali dolanan ini kepada anak-anak sehingga mereka bisa merasakan kegembiraan bermain bersama teman sebaya melalui gerakan & lagu dan tidak hanya terpaku pada gadget masing-masing.

DVD Tembang Dolanan Anak produksi GNP

DVD Tembang Dolanan Anak produksi GNP

Para siswa dan guru Taman Kesenian Ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta

Para siswa dan guru Taman Kesenian Ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta

 

One Response to Tembang Dolanan Anak

  1. Kevin says:

    Ini lahh kami. . . Yang harus bertanggung jawab melestarikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: